Jelajah Situs: HIMSKI IAIN Syekh Nurjati Mengadakan Kunjungan Ke Makam Tua

 


Pengurus Himski, dengan Juru Kunci Makam

Cirebon, Himpunan Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam(HIMSKI) mengadakan jelajah situs. Situs yang akan didatangi adalah sebuah makam tua yang terletak di daerah Gunung Jati, tepatnya di desa Grogol , Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

Makam tua ini terletak di tengah-tengah pemukiman warga, menurut Bapak Gando seorang juru kunci makam, yang terkubur didalam makam ini adalah seorang penyebar agama islam yang bernama Ki Bonang atau Pangeran Wirabaya, walaupun disini terlihat dua makam, namun sebenarnya yang dikebumikan disini hanyalah satu orang, satunnya lagi adalah makam dari senjata yaitu tombak dari Ki Bonang.

Masyarakat sekitar makam, sangat menghormati makam tersebut. Sehingga makam tersebut dikelilingi oleh tembok yang mengitari seluruh makam dengan dua patung macan di depannya, “orang dulu itu jika lewat makam tersebut biasanya sambil menundukan kepala”, ujar Bapak Gando.

Hal yang unik lagi dari makam ini adalah diadakannya pagelaran wayang selama satu tahum sekali yang dilaksanakan tepat di depan makam tersebut. Pagelaran wayang ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberi, serta sebagai salah satu sarana komunikasi untuk mempererat silaturrahmi antar warga desa.

Namun data-data sejarah yang berhubungan dengan makam Ki Bonang ini masih sangat minim, oleh karena itu menurut kordinator divisi Heuristik Soleh Hasan “ kunjungan situs makam Ki Bonang akan ditindak lanjuti lebih lanjut untuk mencari data-data sejarah mengenai makam Ki Bonang ini”.

Penulis : Fahmi labibinajib

Lebih baru Lebih lama