Kunjungi Situs Pra Sejarah, HIMSKI IAIN SNJ Kunjungan ke Taman Purbakala Cipari

 

Himskinews, Selasa,8 Juni 2021
Himpunan Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam Mengadakan kunjungan ke Taman Purbakala Cipari Kuningan, kunjungan ini merupakan salah satu program kerja dari divisi 3 HIMSKI yaitu jelajah situs


Situs Purbakala Cipari terletak Jln Museum Taman Purbakala, Kecamatan Cigugur kabupaten Kuningan Jawa Barat, ditemukan pertama kali pada tahun 1971 oleh seorang petani bernama Bapak Wijaya, temuan tersebut langsung ditindaklanjuti 1972 dengan melakukan penggalian percobaan, 1975 dilakukan penggalian total, dan 1976 pembangunan Site Museum Taman Purbakala, dan puncaknya pada tanggal 23 Februari 1978 diresmikan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Prof. Dr. Syarif Thayeb.

Situs ini berisikan berbagai macam bebatuan dari zaman neolitik dan zaman perunggu awal yang berkisar tahun 1000 sd 500 SM, ada banyak temuan yang ditemukan di situs Cipari ini seperti Kapak batu, kapak perunggu, Menhir, kubur batu, gelang batu dan lain sebagainya, beberapa temuan tersimpan rapih di museum Cipari.

Kegiatan ini ikuti oleh 9 orang dari Himpunan Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam,Menurut Koordinator divisi 3 Soleh Hasan kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang kepurbakalaan.

Penulis : Fahmi labibinajib

Lebih baru Lebih lama