Situs Lawang Gede

 Situs Lawang Gede

(Sumber: Dokumentasi Himski pada saat menghimpun situs-situs di Cirebon)

(Tampak Depan)


(Tampak Belakang)

Situs Lawang Gede ini berada di Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Tepatnya berada sekitar 100 Meter dari Balai Desa Mertasinga. Situs ini dalam kondisi yang cukup terawat, sebenarnya situs ini hanya satu buah pintu yang berukuran besar, seperti namanya "Lawang Gede" yang berarti "Pintu Besar".

Berdasarkan suber-sumber yang kami himpun, mulai dari penuturan warga sekitar, penuturan Sejarawan Cirebon, dan salah satu dosen kami tentang mata kuliah Kajian Cirebon, ditambah yang kami baca dari website-website yang membahas tentang situs ini. Situs ini merupakan pintu gerbang dari salah satu kerajaan yang ada di Cirebon, yakni Kerajaan Sing Apura. 

Kerajaan Sing Apura merupakan kerajaan yang ada sekitar abad ke-13 Masehi, selain itu fakta bahwa lokasi desa Mertasinga dan situs ini sangat berdekatan sebuah sungai/kali yang bernama Kali Bondet, yang mana dulunya merupakan sebuah pelabuhan Muara Jati yang menjadi pelabuhan yang sering disinggahi oleh pelaut-pelaut dari berbagai bangsa, bahkan seorang Laksamana Cheng Ho dulu pernah berlabuh di pelabuhan Muara Jati. Dahulunya Kerajaan Sing Apura merupakan kerajaan yang maju berkat adanya pelabuhan ini, sisa peninggalan dari kerajaan ini hanya sebuah pintu gerbangnya saja yang hingga kini masih dirawat dengan baik. 


Lebih baru Lebih lama