Situs Makam Ki Bonang

 

(Sumber: Dokumentasi Himski pada Kunjungan Jelajah Situs)

Situs Makam Ki Bonang

Situs Makam Ki Bonang ini berada di tengah pemukiman warga, tepatnya di Desa Grogol, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Pada saat tim jelajah situs Himski melakukan wawancara dengan bapak Gando yang merupakan kuncen dari situs makam ini, beliau menjelaskan bahwa makam ini sudah ada sebelum ada pemukiman disekitarnya, menurut beliau makam ini adalah makam dari seorang penyebar Agama Islam di daerah setempat yang bernama Pangeran Wirobaya/Wirabaya, atau lebih dikenal dengan Ki Bonang. Namun saat tim jelajah situs Himski mencoba mencari informasi lebih dalam lagi mengenai situs ini, Bapak Gando tidak memiliki infomasi lagi, karena memang beliau hanya diamanatkan untuk menjaga makam ini saja tanpa mendapatkan detail mengenai informasi makam.

Jumlah makam pada situs ini hanya dua, yang satu berukuran kecil dan satu lagi berukuran lebih besar, menurut Bapak Gando, makam yang besar merupakan makam dari Pangeran Wirobaya/Wirabaya. Makam disebelahnya yang lebih kecil merupakan makam dari senjatanya yang berupa tongkat. Sebagai tambahan informasi, setiap tahun di makam tersebut selalu ada kegiatan pagelaran Wayang Kulit setiap tahunnya, tapi kembali lagi tim jelajah situs Himski tidak menemukan informasi hubungan apa antara makam ini dengan adanya pagelaran Wayang Kulit di depan makam.

Terdapat dua buah Patung Macan yang ada di depan pintu masuk makam, menurut penuturan Bapak Gando, dua buah patung tersebut dibuat oleh anak-anak muda yang ada di daerah setempat sebagai makna simbolis bahwa Pangeran Wirobaya/Wirabaya atau Ki Bonang memiliki peliharaan seekor Macan.

Lebih baru Lebih lama