Tadarus Sejarah, Gamelan Sekaten Jadi Tema Pembahasan

 


Himskinews, Rabu,02,06,2021 jam 20:00 Himpunan Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam (HIMSKI) Mengadakan Kajian Rutin Tadarus Sejarah dengan Tema Gamelan Sekaten, diskusi ini mendatangkan Narasumber Kang Dedy Syekh yang merupakan dari Pustaka Wangsakerta Keraton Kanoman dan Ato Segiarto Seorang Lurah Gamelan Sekaten Keraton Kanoman dengan di Moderatori oleh Ali Fikri dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Gamelan Sekaten merupakan sepaket alat musik yang ditabuh oleh 12 orang nayaga yang ditabuh pada saat bulan maulid tepatnya pada tanggal 8 sampai 12 dengan aturan waktu yang telah ditentukan.

“Tidak sembarang orang dapat menabuh gamelan Sekaten karena harus ada berbagai macam pepakem yang harus diikuti” ujar Ato Segiarto yang juga seorang lurah gamelan Sekaten.

Tadarus Sejarah ini dilakukan dengan online dan offline, offline yang bertempat di keraton Kanoman dan online dengan menggunakan aplikasi Google Meet.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Himpunan Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam (Himski) dengan Keraton Kanoman Cirebon.

Penulis : Fahmi labibinajib

Lebih baru Lebih lama