HIMSKI adakan seminar demi meningkatkan kualitas skill kepenulisan sejarah dan memperdalam sistem administrasi.


Rabu, 29 Juni 2022, telah dilaksanakan acara Seminar Fest yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam (HIMSPI). Acara ini dilaksanakan di Gedung IAIN Cirebon Center (ICC), IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

Acara ini dihadiri oleh Ketua Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI), Ibu Aah Syafa'ah, M.Ag. Serta dihadiri juga oleh beberapa dosen SPI. Selain itu, acara ini dihadiri oleh ketua umum Senat Mahasiswa(Sema) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah(FUAD), Umar Syarifuddin, dan dihadiri oleh ketua umum dan wakil Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah(FUAD), Omar Qod Panity dan Ariq Rifqi Musthofa.

Acara ini mengusung tema "Metodologi Penulisan Sejarah dan sistem Administrasi Pengelolaan Acara dalam Ruang Lingkup Mahasiswa" serta "Membangun Strategi Pengelolaan Keuangan dan Kewirausahaan di Masa Muda". Acara ini berlangsung selama dua hari, dengan tiga tema yang berbeda. Pada hari rabu, dilaksanakan seminar Administrasi dan Seminar Kepenulisan Sejarah, serta pada hari kamis diadakan seminar kewirausahaan dan kuangan.

Acara ini di buka oleh ibu Aah Syafa'ah, setelah itu dilakukan sesi foto bersama oleh para audiens yang hadir.

Acara seminar dimulai dan didahului oleh seminar Kepenulisan Sejarah, yang dibawakan oleh Bapak Anwar Nuris M.SI sebagai pemateri. Dalam pembukaannya Pak Anwar memaparkan tokoh-tokoh intelektual Muslim abad pertengahan seperti halnya Ibnu Sina, Al-Kindi, dan sebagainya. Beliau juga membahas tentang naskah I La Galigo, yang berasal dari Luwu Sulawesi Selatan, naskah ini berisi tentang asal-usul kehidupan manusia di bumi.

"Kalian tidak akan berdiskusi dengan baik jika kalian tidak menulis dengan baik, kalian tidak akan menulis dengan baik jika kalian tidak membaca dengan baik" ujar beliau

Beliau berharap agar narasi tentang sejarah harus teramplipikasi ke dalam bentuk animasi, dan saran beliau "jadilah narator sejarah". Beliau juga berpesan setelah pertemuan ini ada tindak lanjut, ada tindakan semacam diskusi secara intensif tentang komunitas narator.

Setelah waktu Dzuhur tiba, acara berhenti sejenak untuk istirahat, kemudian dilanjutkan lagi pukul 13:30, yang membahas tentang seminar administrasi, yang dibawakan oleh Indah Dwi N, selaku komisi A Sema FUAD. Dalam seminar ini dia membahas tentang Pedoman Organisasi Kampus(POK) serta Standar Operasional Prosedur (SOP). Selain itu juga membahas tentang tahapan pencairan dana untuk kegiatan organisasi dalam kampus.

"Apabila engkau berpikir untuk bangkit, bisa jadi engkau akan lebih dalam mengenal yang namanya perjuangan. Bergerak bersama mencapai tujuan adalah satu di antara filosofi berorganisasi terbaik." Ujar Indah saat closing statement

Kemudian acara selesai dan ditutup dengan sesi foto bersama.

Penulis: Iswanto 
Lebih baru Lebih lama