Masjid At-Taqwa: Tajug sederhana yang menjadi Masjid Besar.


Masjid At-Taqwa merupakan salah satu masjid terbesar di Kota Cirebon, masjid ini terletak di tengah-tengah Kota Cirebon, tepatnya di jalan Kartini No. 2, Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat. 

Masjid ini awalnya merupakan sebuah tajug kecil yang bernama Tajug Agung, yang berada dalam wilayah kampung Kejaksan. Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1918 oleh R. Adipati Salmon Salam Suryadiningrat. Tajug ini tak terlalu luas dan hanya bisa memuat beberapa jamaah saja. Masjid ini mengalami renovasi dikarenakan kecilnya ruangan dan posisinya kurang menghadap ke kiblat, kemudian atas usulan R.M. Arhatha kepala Koordinator Urusan Agama Cirebon saat itu. Bangunan pun diperkokoh dan diperluas, akhirnya selesai pada tahun 1951. 

Bangunan masjid At-Taqwa yang sekarang merupakan bangunan generasi ketiga setelah beberapa kali mengalami renovasi. Bangunan ini bergaya arsitektur khas bangunan tropis dengan atap jurai, serta dilengkapi dengan empat menara kecil disetiap sudut dan sebuah menara utama setinggi 65 meter.

Gerbang memasuki area masjid ini terdapat tulisan berwarna emas yang bertuliskan kaligrafi dua kalimat syahadat disekelilingnya. Di halaman samping masjid dekat sisi jalan Kartini terdapat beberapa pohon kurma, hal ini menambah keindahan visual halaman masjid yang menjadikannya ala Timur Tengah.

Di depan masjid terdapat alun-alun yang diberi nama Alun-alun Kejaksan, dengan halaman yang luas disertai tembok dan gapura batu bata merah.

Penulis : Iswanto
Lebih baru Lebih lama