Petilasan Cimandung : Tapak Jejak Pangeran Walang Sungsang dan Khasiat Tujuh Sumur.

17 Juni 2022, Himpunan Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam(HIMSPI) mengadakan jelajah situs. Situ yang di jelajahi adalah petilasan Cimandung, yang merupakan petilasan Mbah Kuwu Cirebon atau Pangeran Cakrabuana atau Pangeran Walang sungsang berserta istri dan adiknya, yakni Nyi Endang Geulis dan Nyi Rara Santang.

Petilasan ini terletak di desa Kerandon, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Saat masuk ke petilasan ini, kami disambut dengan pohon yang unik, namanya adalah pohon Raga Sakti. Pohon ini berusia ratusan tahun, serta memiliki bentuk yang tak biasa, karena batangnya yang meliuk-liuk menjulang tinggi dengan bentuk mirip seperti ular naga.

Lantas kami menemui selaku juru kunci(kuncen) namanya adalah Satria. Pak Satria menuturkan bahwa petilasan ini memiliki tujuh sumur, setiap sumur memiliki arti dan makna masing-masing, air sumurnya dipercaya membawa berkah bagi para peziarah yang membasuh muka dan mengambilnya.

Air sumur Batu Perahu berkhasiat memberikan jasmani dan rohani dari hal-hal kotor. Sumur Jago dapat menaikkan derajat atau jabatan. Sumur Kebodongkol bisa membuat anak patuh kepada kedua orang tua. 

Sumur Pengasihan berkhasiat agar disayang dan di belas kasih oleh atasan. Sumur Kejayaan Kahuripan dapat memberikan banyak rezeki, kesehatan, dan hidup mulia. Kemudian, Balong Penganten yang berkhasiat bagi perawan atau perjaka tua agar cepat dapat jodoh.

"Sumur pancuran mas membawa keberkahan. Sumur kahuripan bisa membawa hidup tenteram bersama keluarga dan tetangga," Setelah menghisap rokoknya Satria melanjutkan kata-katanya "Dibalik banyak khasiat sumur-sumur tersebut, tapi tetap kita harus bertakwa dan berdoanya hanya kepada Allah"

Selain ke-tujuh sumur, saat memasuki lebih jauh ke atas, kita akan menemui batu padadaran disebelahnya terdapat sebuah saung, untuk para peziarah yang ingin berdzikir dan bertirakat. Selain itu ada juga batuh yang bentuknya mirip dengan gajah, dan di sebut Batu Gajah. Ada pula batu yang bentuknya seperti kapal dan yang lainnya.

Penulis: Iswanto 
Lebih baru Lebih lama