Kunjungan Lesbumi Kabupaten Majalengka.


Pada hari Selasa, 06 Desember 2022 Himpunan Mahasiswa Sejarah Kebudayaan Islam (HIMSKI) melakukan kunjungan ke Lesbumi Kabupaten Majalengka.
Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) cabang Majalengka terus melakukan beragam kegiatan dalam melestarikan seni dan budaya Majalengka. Lesbumi Kabupaten Majalengka pertama didirikan pada tahun 2018 dengan ketua nya yaitu kang iwan.

Menurut Ketua Lesbumi NU Majalengka, Iwan Ridwan, budaya yang menjadi peninggalan di Kota Angin ini sangat beragam dan bernilai sejarah tinggi.

Namun sebagian masyarakat tidak menyadari nilai-nilai yang terkandung dalam kebudayaan tersebut. Sehingga, kelestarian budaya di Majalengka terancam punah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lesbumi Majalengka melakukan safari ke sejumlah desa, melakukan silaturahmi dengan masyarakat hingga melakukan pembersihan makam leluhur.

Dalam struktur keorganisasiannya terbagi menjadi beberapa divisi, diantaranya ada divisi fotografi, divisi publikasi karya, divisi pemberdayaan budaya dan dakwah, divisi pembersihan makam leluhur. Ciri khusus media dakwah yang mereka gunakan yaitu menggunakan alat musik tradisional bernama "karinding".

Penulis: Risma Rohmawati

Lebih baru Lebih lama