Aan Jaelani Mendapat Mandat dari Menag setelah Dilantik Menjadi Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Suasana Pelantikan di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama.


Pada Rabu 1 Maret 2023 telah di ditetapkannya rektor baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon periode 2023-2026, yaitu Prof. Dr. Aan Jaelani M.Ag. menggantikan rektor yang sebelumnya menjabat selama dua periode, Dr. H. Sumanta Hasyim M.Ag.  

Pelantikan rektor baru IAIN Syekh Nurjati Cirebon ini dilakukan secara resmi di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jakarta Pusat oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Selain itu juga dilantik dua rektor baru lainnya yaitu Prof. Asef Saifudin Jahar, MA. PhD. sebagai rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Dr. H. Syamsuar sebagai Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh.

Berita pelantikan rektor baru ini tentunya telah dinantikan sejak lama, dan menjawab pertanyaan tentang siapakah yang akan memegang tampuk kekuasaan untuk menjadikan kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon lebih baik kedepannya.

Melihat kepada jejak pengalaman Aan Jaelani di dunia akademisi, sebelum ditetapkan sebagai menjadi rektor baru tahun ini. Beliau baru-baru ini ditetapkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi berdasarkan surat keputusan pengangkatan yang diterbitkan pada 19 Juli 2022. Selain itu, sejumlah pengalaman dan prestasi di bidang penulisan ilmiah telah beliau raih dengan gemilang, salah satunya adalah tergabung nya sebagai reviewer pada Litapdimas Diktis Kemenag tahun 2017 hingga sekarang. Beliau juga berhasil menembuskan 3 jurnal di tahun 2020 dan 2021 ke dalam jurnal WoS dan masih banyak lagi pencapaian lainnya.

Dari pengalaman-pengalaman yang didapatkannya di bidang akademisi, sampai gelar Profesor telah sukses disandangnya. Tentu ini menjadi harapan besar khususnya untuk keluarga besar kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon agar bisa memberikan wajah baru yang lebih baik dan menjadi inspirasi bagi kampus lainnya, serta tak hanya bisa bersaing dalam skala nasional tapi juga mampu internasional. 

Harapan ini pun selaras dengan yang disampaikan oleh Menag Yaqut dalam pidatonya dalam suasana pelantikan. Bahwa beliau menginginkan kampus PTKIN salah satunya IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi World Class University (WCU) atau kampus kelas dunia.

Harapan besar ini tentunya tidak bisa terjadi begitu saja tanpa adanya dukungan bersama dari berbagai pihak. Karenanya Menag Yaqut mengharapkan agar setiap rektor yang beliau.


Penulis: Lisma Amelia

Editor: Iswanto


Lebih baru Lebih lama