Kunjungan UMKM Departemen Ekonomi Usaha Kreatif ke Pusat UMKM Kota Cirebon

Foto bersama dengan UMKM Kota Cirebon


Tepatnya hari Minggu tanggal 26 Maret 2023 kemarin, Departemen 5 Ekonomi Usaha Kreatif mengunjungi pusat UMKM Cirebon yaitu di Mall UKM kota Cirebon.

Kunjungan ini merupakan salah satu program kerja yang ada di Departemen 5. Adapun penanggung jawabnya sendiri yaitu Fahim Sahru Sofar. 

Dalam kunjungan pertama di periode 2023/2024 ini departemen 5 berharap dapat menjadi langkah awal yang baik untuk kunjungan UMKM selanjutnya. Tujuannya selain untuk menambah jejaring pengalaman dan pengenalan UMKM di Cirebon, harapan besar nya bisa terus terjalin silaturahmi bahkan bisa membuahkan hasil berupa kerja sama yang terus berkelanjutan.

Dalam kunjungan pertama ini, Risma selaku salah satu staff pegawai Mall UKM Kota Cirebon mengatakan dalam wawancara nya bahwa, "Kurang lebih ada 200 UMKM yang sudah masuk dan mendaftarkan diri di Mall UKM ini".

Tentu ini menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa untuk membantu para pelaku usaha UMKM agar dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.
 
Adapun berdiri nya Mall UKM Kota Cirebon ini di inisiasi oleh dinas kota Cirebon sendiri, yang diresmikan pada tahun 2022 oleh Wali Kota Cirebon yang bertempat di Jalan Cipto Mangunkusumo.

Arti Mall UKM sendiri memiliki kepanjangan yaitu Melayani Anda Lewat Layanan UKM Kota Cirebon. Produk yang ditampung pun beragam mulai dari pakaian, aksesoris, makanan, minuman, lukisan bahkan kerajinan tangan.

Keberadaan Mall UKM Kota Cirebon ini tentunya menjadi salah satu upaya pemerintah untuk terus memperkenalkan produk asli Nusantara khususnya Cirebon. Bahkan Risma mengatakan "Mall UKM yang ada di Kota Cirebon ini merupakan yang pertama kali ada di Cirebon, saat peresmian bapak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan apresiasi atas terbentuknya Mall UKM ini"

Semoga kedepan Mall UKM ini terus menyebar dan semakin banyak UMKM yang bisa merasakan dampak positif nya.


Penulis : Lisma Amelia
Editor : Abdurahman
Lebih baru Lebih lama