Guna Meningkatkan Kualitas Organisasi; HIMSPI IAIN SNJ Mengadakan Studi Banding bersama HMJPS IPADHAKU

Foto bersama HIMSPI dan HMJPS


    Kamis, 19 Oktober 2023 Himpunan Sejarah Peradaban Islam kembali melakukan program kerjanya khususnya kinerja daripada Departemen Luar Negeri yaitu Studi Banding dengan tema "Membangun Relasi, Menguatkan Komunikasi, Mempererat Tali Silaturahmi Guna Meningkatkan Kualitas Organisasi". Studi Banding tahun ini bersama Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sejarah Insitut Pangeran Dharma Kusuma Indramayu.  Acara ini dilaksanakan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon tepatnya di  auditorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi  Islam lantai 4.

     Acara ini di awali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dilantunkan oleh Maulana Malik Rahayu. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Himpunan Sejarah Peradaban Islam juga Himpunan Pendidikan Sejarah yang diiringi oleh dirigen dari salah satu setiap anggota himpunan.

     Prakata dari Ketua Pelaksana Muhammad Bagas Khadafi dengan diawali ucapan terimakasih kepada seluruh orang yang terkait dalam acara studi banding dan menekankan tujuan dari acara ini yaitu mempererat silaturahmi antara HIMSPI dengan HMJPS IPADHAKU. Ia mengakhirkan prakatanya dengan kata-kata bijak yaitu "Lelah boleh, nyerah jangan". Ada juga beberapa Sambutan-sambutan. Sambutan pertama oleh Muhammad Daffa Raihan yang merupakan ketua umum HIMSPI 2023-2024. Dalam sambutannya Ia mengawali percakapan dengan Salam Mahasiswa dan Salam Humaniora, kemudian menyampaikan sambutan tidak jauh berbeda dari yang telah disampaikan ketua pelaksana bahwasanya output dari acara studi banding ini adalah kita saling mengenal dan bertukar pikiran serta mempererat silaturahmi yang mana telah dikatakan oleh Nabi SAW dengan mempererat silaturahmi akan memperlancar rezeki. 

     Sambutan dari ketua umum HMJPS IPADHAKU yaitu Restu Ady Ryanto, dalam sambutannya ia menekankan kembali untuk mengedepankan silaturahmi dan diakhiri dengan jargon yang luar biasa semangat. Ketua umum HMJPS IPADHAKU mengawali salamnya dengan "SALAM HISTORI!!" Lalu dijawab oleh seluruh anggotanya "SALAM PENERUS NEGERI", sebuah jargon yang mempunyai makna luar biasa.

     Dilanjut sambutan dari Ketua Umum Dema Fakultas Ushuluddin dan Adab, akan tetapi Ketua Umum Dema berhalangan hadir dan diwakilkan oleh wakilnya yaitu Fahmi. Wakil ketua Dema FUA menyampaikan kebanggaannya terhadap HIMSPI karena acara studi banding ini merupakan acara pertama yang dilaksanakan di IAIN Syekh Nurjati atau dalam kata lain menjadi yang pertama kali menjadi tuan rumah.

    Lalu, Sambutan dari ketua jurusan HMJPS IPADHAKU yaitu bapak Syukron Ma'mun S.sos., M.Sc beliau merupakan alumni UIN Gunung Jati Bandung serta suami dari Alumni SPI di IAIN syekh Nurjati Cirebon dan sambutan terakhir sambutan dari Ibu Aah Syafa'ah M.Ag beliau menyampaikan sedikit sejarah dari perubahan dibawah informasi lembaga dimana IAIN insyaallah akan disahkan dibulan depan berubah menjadi UINSSI.

    Dalam acara Studi Banding teradapat penampilan-penampilan yaitu tari, nyanyi, dan silat. Penampilan tari yang melatih dirinya secara otodidak serta menunjukkan hasilnya dengan sangat luar biasa dari Salma Faoziah dan Najlaa Aquina. Lalu, penampilan dari anggota HMJPS IPADHAKU dengan menyanyikan lagu khas Indramayu yang sangat merdu. Dilanjut penampilan silat dari Mumu Awaludin Hakiki. Silat yang sangat lihai pada setiap jurusnya serta ketepatan gerakannya dalam iringan lagu yang telah disediakan. 

    Setelah sholat Dzuhur dan beristirahat bersama, acara dilanjutkan dengan talk show oleh para narasumber yaitu ketua jurusan himpunan yang dipandu oleh Lisma Amelia dan Sinta Rianti. Acara talk show ini merupakan acara inti dalam studi banding. Dalam talk show sedikit membahas tentang sejarah setiap insitut, peningkatan pembelajaran, prospek kerja mahasiswa khususnya bagi jurusan pendidikan sejarah dan sejarah peradaban Islam. Prospek kerja tersebut antara lain sebagai guru, peneliti lokal maupun nasional, perdagangan dan budayawan. Setelah talk show berakhir, acara dilanjut dengan perkenalan divisi dan proker setiap himpunan dan  diskusi setiap departemen HIMSPI dengan HMJPS IPADHAKU dengan tujuan  saling menguntungkan satu sama lain dan menjadi evaluasi setiap program kerjanya. Selain itu, kami bermain games seru untuk melatih konsentrasi serta menjadi tujuan studi banding mempererat silaturahmi lebih kuat.


Penulis : Diva Salsabila

Editor : Hidayati Azhari

Lebih baru Lebih lama