Melestarikan Budaya Cirebon Guna Membentuk Generasi yang Berbudaya (Kunjungan HIMSPI ke DISBUDPAR Kota Cirebon)

 

Dokumentasi Kunjungan ke DISBUDPAR Kota Cirebon


Senin, 19 Juni 2023

 Seperti yang kita tahu dari namanya yaitu DISBUDPAR yang berarti Dinas Budaya dan Pariwisata, dimana dinas ini memiliki fungsi untuk menjaga kelestarian budaya dan pariwisata yang ada di wilayah kota Cirebon. Dalam pertemuan ini kita dapat mengetahui bagaimana dari pihak dinas ini mengatasi agar budaya dan pariwisata kita tetap terjaga agar tidak hilang ataupun tercemar. Dimulai dari hal kecil seperti setiap tertentu harus menggunakan busana adat Cirebon dan berbicara menggunakan bahasa Cirebon halus, DISBUDPAR ini setiap minggunya mengadakan rutinan untuk pameran guna melestarikan budaya yang ada di Kota Cirebon, yaitu; Malam Sabtuan ning Taman Pedati Gede, rutinan ini biasanya digunakan sebagai wadah para pemuda-pemudi yang mempunyai bakat seperti bernyanyi atau memainkan alat musik modern ini diperkenankan untuk tampil diacara tersebut, lalu ada malam Mingguan ning Balai kota, rutinan ini sebagai wadah untuk para seniman-seniman pewaris budaya seperti tari tradisional, pemain alat musik tradisional contohnya seperti gamelan dan sebagainya, ini dapat ditampilkan dalam rutinan tersebut.

Dilihat dari upaya yang sudah digerakan ini kita dapat menilai bahwa ini sangat bermanfaat bagi para seniman-seniman atau para pemuda yang memiliki bakat yang luar biasa tetapi masih kesulitan dalam mengembangkannya, dan DISBUDPAR ini adalah sebagai solusinya yang mana berperan sebagai wadah untuk penyaluran bakat tersebut. Tak hanya itu DISBUDPAR juga banyak sekali upaya-upaya untuk melestarikan budaya yang ada di kota Cirebon, seperti berpartisipasi dengan kegiatan-kegiatan yang ada di Kraton-Kraton Cirebon, contohnya; pada saat memperingati Isra Mi’ra, milad Kraton, hari kemerdekaan Indonesia, memperingati Maulid Nabi, dan masih banyak lagi. Selain berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang ada di Kraton, DISBUDPAR ini juga mengadakan kegiatan lainnya seperti; Mapag Dhuaja, Maca Babad, Ngaji Sejarah, Ngisis Wayang Kulit, Selametan Bubur Suro, Nadran Sedekah Laut, Zong Qie Jie, Cap go Meh, Cirebon Mendelik, Macapatan, Bekaseman, Zong Yuan Jie, Gelar Budaya Nusantara, Hari Santri Nasional, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang yang diadakan oleh DISBUDPAR kota Cirebon.

Selain mengadakan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan budaya, DISBUDPAR juga terkadang pada saat event-event tertentu itu mengadakan seminar dan pelatihan bahkan perlombaan yang berkaitan dengan budaya, seperti Creatiforia (Festival Ekonomi Kreatif) yang mana dalam event tersebut terdapat banyak perlombaan, lalu ada Ciayumajakuning Entrepreneur Festival 2023, dan sama di event ini juga banyak sekali mengadakan perlombaan, selain itu masih banyak kegiatan menarik lainnya. Dan itulah tadi berbagai macam kegiatan-kegiatan yang ada di Dinas Budaya dan Pariwisata kota Cirebon.


Penulis : Naila Rahma Fadhil

Editor : Rahman

Lebih baru Lebih lama