Tadarus Sejarah: Peristiwa Rengasdengklok

 

Dokumentasi Tadarus Sejarah

     Pada Agenda Tadarus Sejarah kali ini. Minggu, 13 September 2023 bertempat di Taman Pelangi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan pemateri Bang Samsul Ma'arif Tentang Sejarah "Peristiwa Rengasdengklok, Penculikan Soekarno-Hatta Jelang Proklamasi Kemerdekaan"

     Rengasdengklok merupakan peristiwa yang jarang orng lain ketahui, dimana didalamnya itu ada peristiwa penculikan soekarno Hatta. Rangasdengklok sendiri adalah nama salah satu daerah yang ada di Karawang Jawa barat.

    Salah seorang sejarawan mengatakan bahwa ia melihat sejarah Rengasdengklok sendiri bukanlah peristiwa penculikan melainkan suatu pengamanan. Menurutnya, Sukarno dan Hatta sengaja dibawa keluar dari Jakarta agar mereka terhindar dari Jepang.

    Pada tanggal 6 Agustus 1945 kota Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat. Sebanyak 40.000 orang dan wilayah 47 km persegi hancur akibat bom atom. Bom ini berlanjut pada tanggal 9 Agustus 1945 dengan jatuhnya bom Nagasaki yang menyebabkan menyerahnya Jepang. Kemudian Pada tanggal 14 Agustus 1945, Jepang mengumumkan penyerahan diri tanpa syarat kepada Sekutu. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Kaisar Hirohito melalui siaran radio nasional. Ini menandai akhir Perang Dunia II di Asia dan semakin mendekatkan Indonesia pada kemerdekaan. Keesokan harinya, pada 15 Agustus 1945, Kaisar Hirohito menyampaikan langsung keputusan menyerahnya Jepang tanpa syarat kepada Sekutu melalui radio nasional. Namun Soekarno, Hatta dan Radjiman tidak mengetahui berita terkait menyerahnya jepang karna pada saat itu mereka sedang berada di Vietnam untuk membahas perihal kemerdekaan Indonesia.


Lebih baru Lebih lama