Mengenal Koleksi Naskah Kuno yang Terdapat di Dinas Kearsipan Kabupaten Kuningan (Kunjungan HIMSPI)

Dokumentasi Kunjungan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kuningan


     Pada hari Rabu, 7 September 2023 Himpunan Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam (HIMSPI)  mengadakan kunjungan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan. Kami langsung di sambut dengan hangat oleh Kabid Kearsipan yaitu Pak Dede beserta rekan rekannya. Kunjungan kali ini kita membahas Arsip-arsip sejarah yang terdapat di dinas Kearsipan Kuningan ini. 

    Arsip arsip yang berkaitan dengan sejarah merupakan bagian dari arsip statis. koleksi arsip yang bernilai sejarah yang terdapat di dinas Kearsipan Kabupaten Kuningan yaitu naskah Al Qur'an tulisan tangan Mbah Dako, dan Manuskrip Tafsir Al Quran tulisan tangannya juga serta Tafsir Jalalain.

     Syekh Muhammad Dako atau biasa dipanggil Mbah dako merupakan salah satu tokoh yang menyebarkan islam di Kuningan.  Ia adalah ulama utusan dari Cirebon. Dalam penyebarannya ia meninggalkan sebuah peninggalan yang menjadi informasi penting hubungannya dengan sejarah perkembangan islam di Lengkong Garawangi Kuningan yaitu manuskrip Al Qur'an tulisan tangan Mbah Dako dibuat tahun 1808, dan Tafsir Al Quran tulisan tangannya juga serta Tafsir Jalalain yang dibuat tahun 1850. Naskah-naskah tersebut sudah pernah digitalisasi dan direstorasi untuk menjaga keberadaan naskah tersebut. 

     Sedangkan Arsip peristiwa Linggar Jati yang dimana peristiwa ini terjadi di Kuningan itu terdapat di Arsip nasional. Selain yang telah disebutkan sebelumnya masih banyak manuskrip-manuskrip yang terdapat di masyarkat seperti Paseban Tri Panca Tunggal dan masih banyak lagi, namun hal tersebut belum dikembangkan lebih lanjut karena dana untuk programnya perlu dana yang besar dan menunggu dari APBD Kuningan, serta tidak begitu dengan mudahnya untuk diambil begitu saja, karena perlu dihimpun dan diteliti terlebih dahulu. 

     Kebanyakan program dinas-dinas kearsipan ini juga lebih meniktikberatkan pada kelembagaannya. Seperti dari programnya maupun arsip-arsipnya kebanyakan terkait arsip-arsip kelembagaan dan belum banyak dengan arsip seperti naskah kuno. Sebagian besar Arsip yang mengandung sejarah ialah yang berhubungan dengan peristiwa peting yang ada di pemerintahan daerahnya.


Penulis : Nida Delia Rahmah

Editor : Abdurachman

Lebih baru Lebih lama