Mewartakan Sejarah, Mendidik Publik: Jurnalisme Sejarah dalam Media Online

 

Dokumentasi Pelatihan Jurnalistik dan Videografi



Pada hari Minggu tanggal 01 September 2023, Himpunan Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Videografi yang bertempat di Ma'had Al-Jami'ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Acara ini bertemakan "Mewartakan Sejarah, Mendidik Publik: Jurnalisme Sejarah dalam Media Online".

Pelatihan Jurnalistik dan Videografi ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam, melainkan diikuti oleh mahasiswa luar jurusan hingga luar kampus juga. Pelatihan ini tidak hanya menambah wawasan bagi para peserta tetapi juga menambah pengalaman dalam hal mengolah berita, merekam video hingga mengedit video yang menarik.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama pelatihan videografi yang dipandu oleh Kak Fariz Rizaldy, dan diawali dengan pengenalan teknik-teknik dalam videografi dan disertai dengan prakteknya hingga pengenalan tools yang ada pada aplikasi pengedit video yakni CapCut. Sesi kedua yakni pelatihan jurnalistik yang dipandu oleh Kang Umar Alwi Muhammad, S.Hum. Pada sesi ini peserta diasah kembali kemampuannya dalam hal menulis hingga mempublikasikan sebuah berita khususnya mengenai sejarah. Peserta juga diajak oleh sang pemateri untuk terjun langsung dalam membuat sebuah berita. Dan pesertapun terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan pada Pelatihan Jurnalistik dan Videografi ini.

Dalam sambutannya, Diva Salsabila selaku Ketua Pelaksana mengatakan bahwa, "Seorang calon sejarawan harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang serba digital ini. Kerena sejarah untuk masa depan maka sejarah harus disentuh dengan teknologi seperti halnya kita membuat berbagai konten yang berkenaan dengan sejarah".


Penulis : Hidayati Azhari
Editor : Abdurahman
Lebih baru Lebih lama