Restorasi Semangat Intelektual Guna Membangun Peradaban Melalui Semarak Akbar 2023

 

Dokumentasi Semarak Akbar 2023

      Perhelatan terakhir sekaligus penutup proker utama dari Departemen Heuristik atau Departemen Keilmuan Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon, sukses diselenggarakan pada hari Rabu, 22 November 2023 di Halaman Fakultas DKI. Acara ini dihadiri oleh Kabag Kesra Walikota Cirebon sebagai yang mewakili Plt. Walikota Cirebon, Ketua Jurusan SPI, Ketua SEMA dan DEMA Fakultas UA, serta para tamu undangan lainnya.

   Acara ini merupakan proker terakhir dari kepengurusan HIMSPI periode 2022/2023 yang kemudian dilanjut dengan Musyawarah Besar HIMSPI, proker yang dilaksakan tiap tahun ini menjadi satu proker yang dinanti oleh mahasiswa SPI maupun dari pengurus himpunan itu sendiri, karena acara inilah menjadi momentum untuk temu kangen seluruh alumni maupun demisioner.

    Semarak Akbar tahun ini mengusung tema "Restorasi Semangat Intelektual Dalam Berkiprah Membangun Peradaban", tema yang diusung juga bukan hanya sekedar nama belaka, melainkan terdapat makna yang filosofis. Hal ini mengacu pada bagaimana peran pemuda khususnya mahasiswa untuk ikut andil membangun kembali peradaban dengan mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern. 

    Dalam acara kali ini diisi dengan berbagai penampilan seni dan budaya dan juga perlombaan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa SPI maupun di luar dari jurusan SPI itu sendiri. 

   Tak lupa juga pada kesempatan kali ini pengurus himpunan, khususnya dari Departemen 6 (Departemen Seni Budaya dan Olahraga) HIMSPI berhasil menerbitkan sebuah buku yang berjudul "Aksara Nuraga", merupakan buku antologi puisi yang disusun oleh tim cipta puisi yang diberi nama "Bumi Syair Wirasena". 

  Terakhir, semangat berkarya dan terus mengabdi dengan sepenuh hati untuk terus menorehkan prestasi, karena raga akan mati tapi karyanya akan selalu hidup dan dikenang. 

Sekian. 


Penulis : Fajar Abdul Rahman

Editor : Hidayati Azhari

Lebih baru Lebih lama