Dinamika Sosial-Politik dalam Perang | Ngaji Sejarah (Jirah)

 

Dokumentasi Ngaji Sejarah


Pada agenda Ngaji Sejarah episode ke-85 ini, kang Farihin membawakan narasi yang berjudul "Dinamika Sosial-Politik dalam Perang"


Di era abad 14 Datenglah pasukan dari China setelah pasukan Mongol ini di ratakan oleh pasukan Raden Wijaya. Setelah itu Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Mojopahit

 Raden Wijaya adalah orang Sunda cucu dari Mahisa Campaka , Raden Wijaya merupakan keturunan Sunda. 

Raden Wijaya meninggal dunia dan meamanahkan kepada anak nya yang bernama Jayanagara untuk memimpin kerajaan Majapahit 

Gajahmada sempat ingin menyerang kerajaan Mojopahit. Namun, beliau tidak jadi menyerang Majapahit karena ia tidak ingin melakukannya. Meskipun berhasil memperluas kekaisaran Majapahit, Gajah Mada tidak menyerang Kerajaan Sunda karena ia menghormati stabilitasnya dan tidak ingin mempertaruhkan perang yang sulit dan mahal.

 Gajahmada mendirikan Sumpa Palapa di depan Kerajaan Mojopahit. Di dalam Sumpa Palapa terdapat larangan, yaitu orang sunda tidak dapat menikah dengan orang jawa. Dengan adanya larangan ini, orang Sunda dengan Jawa ada tidak bisa menikah.


Peristiwa Perang Bubat, juga dikenal sebagai Pasunda Bubat, adalah pertempuran antara keluarga kerajaan Sunda dengan tentara Kerajaan Majapahit di persinggahan Bubat.




Penulis : Salman Alparizy

Editor : Rahman

Lebih baru Lebih lama