[Keluarga Besar Sejarah Peradaban Islam dari 8 Generasi Bertemu di Kegiatan Gathering SPI

 

Dokumentasi Gathering SPI 2024

 Pada Bulan Ramadhan tahun 2024 ini, HIMSPI dari Departemen I Dalam Negeri membuat kegiatan untuk mengumpulkan Keluarga Besar Sejarah Peradaban Islam. Program ini menjadi yang pertama kalinya, dengan harapan bisa menjalin kembali silaturahmi para alumni, dosen, mahasiswa juga pengurus HIMSPI dari semua angkatan. Selain itu, kegiatan Gathering SPI ini dibuat untuk memaknai Bulan Suci Ramadhan.

 Kegiatan ini terlaksana pada hari Sabtu tepatnya tanggal 29 Maret tahun 2024 di Gedung KNPI Kota Cirebon. Dihadiri oleh 70 peserta yang terdiri atas dosen, alumni dan mahasiswa aktif SPI dari 8 generasi. Angkatan paling lama datang dari tahun 2013 sampai kepada angkatan paling muda yaitu tahun 2023.

 Kegiatan Gathering SPI ini dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Sejarah Peradaban Islam yaitu Ibu Aah Syafa'ah, M.Ag., dengan harapan yang disampaikannya dalam sambutan "Semoga silaturahmi ini tetap terjalin dan bisa saling support satu sama lain untuk kegiatan-kegiatan jurusan Sejarah Peradaban Islam".

 Dalam rangkaian kegiatan Gathering juga tidak sekedar menjadi tempat untuk bertemu dan bersapa. Namun diisi oleh penampilan dari bakat Mahasiswa SPI yaitu Tim Hadroh, dilanjutkan dengan Kajian Ramadhan menjelang buka puasa oleh salah satu dosen SPI yaitu Bapak Gumilar Irfanullah, M.Si.

 Tidak berhenti sampai disana, kegiatan Gathering SPI juga dilengkapi dengan sesi ngobrol santai dari para alumni dan demisioner kepada para pengurus HIMSPI. Banyak hal yang dibicarakan tentunya untuk kebaikan dan perubahan yang jauh lebih positif dan produktif untuk program-program HIMSPI kedepannya.

 Program Gathering SPI ini juga dibuat sejalan dengan harapan dan cita-cita Ketua Umum HIMSPI periode 2024/2025 Khoirul Anam yang mengatakan bahwa "Program-program HIMSPI yang dilaksanakan harus bisa bermanfaat untuk banyak orang khususnya mahasiswa/i dan keluarga besar jurusan Sejarah Peradaban Islam. Disamping itu juga semoga SPI semakin solid dan kompak untuk kedepannya".

 Dari kegiatan ini, alumni SPI dari berbagai angkatan yang asalnya belum saling mengenal dapat saling bertukar sapa dan menjadi lebih terbuka juga lebih hangat dengan para pengurus HIMSPI dan mahasiswa SPI lainnya.


Penulis : Lisma Amelia

Editor : Fahim Syahru Sofar

Lebih baru Lebih lama