Menyambut Usia Ke-21 Sejarah Peradaban Islam HIMSPI Menggelar Kegiatan HISTORY FAIR 2024 dengan Meriah dan Penuh Suka Cita

Dokumentasi History Fair 


 Pada tanggal 22 Mei 2024, HIMSPI dari Departemen I Dalam Negeri kembali melayangkan kegiatan dalam rangka perayaan 21 tahun dies natalis jurusan Sejarah Peradaban Islam. Program ini mengangkat tema yang sangat istimewa, yakni “Menyambut Arunika Kemajuan Sejarah Peradaban Islam dengan Penuh Inovasi dan Pretasi". Selain sebagai salah satu ajang perayaan tujuan utama dari history fair adalah ini agar jalinan silaturahmi keluarga besar SPI tetap terhubung.

   Kegiatan ini terlaksana pada hari Rabu, 22 Mei tahun 2024 di Gedung ICC UIN Siber Syekh Nurjati. Dihadiri oleh 162 peserta yang terdiri atas perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cirebon, para perwakilan dosen, perwakilan alumni, perwakilan demisioner, perwakilan kelas, dan seluruh pengurus HIMSPI periode 2024.

   Kegiatan History Fair ini dibuka secara resmi oleh perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, dengan harapan yang disampaikannya dalam sambutan "Semoga Jurusan Sejarah Peradaban Islam UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon di usia ke 21 tahun ini semakin berjaya dan terus terbang tinggi menuju kesuksesan”.

  Dalam kegiatan ini, juga di sajikan beberapa kreasi seni dari para mahasiswa SPI. Juga di buka bazar bagi setiap perwakilan dari masing-masing kelas. Tak hanya itu, di kegiatan ini juga ada gelar wicara oleh para alumni Jurusan Sejarah Peradaban Islam yang telah memiliki kesuksesan baik dibidang pendidikan atau ekonomi. Gelar Wicara ini diharapkan bisa menumbuhkan motivasi dan berbagi pengalaman untuk mahasiswa/i SPI agar dapat mengikuti jejak kesuksesan para alumni. Tak berhenti disitu, dalam kegiatan ini juga ada Seminar Sejarah dan Kebudayaan dengan tema “Harmoni Multikulturalisme dalam Sejarah dan Kebudayaan Cirebon”. Seminar ini diisi oleh Bapak Agus Firmansyah, M.Hum, beliau merupakan Ketua Umum Lesbumi Kabupaten Cirebon. Juga ada Bapak Subhan Nur, SS., M. Pd yang merupakan Story Teller daripada Cirebon History.

   Program History Fair ini juga dibuat sejalan dengan harapan dan cita-cita Ketua Umum HIMSPI periode 2024/2025 Khoirul Anam yang dalam sambutannya mengatakan bahwa "Momen perayaan dies natalis ini kita bukan hanya merayakan yang bernuansa kesejarahan tapi kita juga menarik mahasiswa khususnya jurusan sejarah peradaban Islam untuk meningkatkan kualitas kewirausahaan dengan membuka stand bazar didepan gedung ICC, pada stand tersebut juga di isi juga oleh sponsorship ternama, yang mana Alhamdulillah kita berhasil menembus 7 sponsor ternama untuk mensupport acara kita”.

  Seluruh Pengurus HIMSPI periode 2024/20255 mengalunkan harapan agar perayaan ini tidak hanya menjadi momen refleksi tetapi juga inspirasi untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam mengkaji serta mengajarkan sejarah peradaban Islam. Mari bersama-sama merayakan 21 tahun kebersamaan ini dengan penuh sukacita dan semangat untuk menyongsong masa depan yang lebih cerah!


Penulis : Sekar Arum Endang Putri

Editor : Fahim Syahru Sofar 

Lebih baru Lebih lama