Menapaki Jejak Sejarah Syekh Ki Lobama


Dokumentasi Jejak Sejarah

   Pada hari Minggu tanggal 12 Mei 2024, jelajah situs kali ini HIMSPI mengunjungi situs pasarenan Syekh Ki Lobama di kecamatan Mundu. Syekh Ki lobama atau yang bernama asli Syekh Abdurrahman Al Qadri adalah utusan dari Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani yang diutus untuk menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Ia datang ke pulau jawa sekitar abad ke 11 M. ia dijuluki dengan nama Ki Lobama, hal ini ia dapat karena dakwahnya di tengah masyarakat sunda sehingga digelari dengan Ki Lobama atau Kyai nu loba agama yang artinya ulama yang memiliki pengetahuan yang luas khususnya ilmu agama. 

  Dalam proses penyebarannya ia mendirikan sebuah tempat untuk beribadah dan dakwah yaitu masjid keramat Ki Lobama. Syekh Ki Lobama ini mempunya murid dari dua golongan yaitu jin dan manusia. Diantara murid murid beliau adalah pangeran Salarasa, pangeran Selaganda, pangeran Selasuana, Nyai Mas Angrum Sari, Patih Qomanuzaman, Pangeran Telaga, Pangeran tresmi, dan pangeran Ki Nujum Sidiq. Bahkan Syekh Ki Lobama ini juga menjadi guru gaib nya pangeran Cakrabuana atau pangeran Walasungsang putra Prabu Siliwangi sebelum Pangeran Cakrabuana ini berguru ke Syekh Nurjati. Dikatakan menjadi guru gaib karena keberadaan kedua tokoh ini terpisah jaraknya sekitar 2 abad. 

  Keturunan dari Syekh Ki Lobama sendiri dikatakan masih ada hingga saat ini namun disembunyikan karena pada zaman penjajahan Belanda para ulama dibunuh.


Penulis : Nida Delia Rahmah

Editor : Fahim Syahru Sofar 

Lebih baru Lebih lama