FORSSPI : Pengenalan Budaya Akademik Jurusan Sejarah Peradaban Islam Bagi Mahasiswa Baru Tahun 2024

Dokumentasi Acara


 Dalam rangka menyambut Mahasiswa Baru Jurusan Sejarah Peradaban Islam (SPI) tahun 2024. HIMSPI kembali melaksanakan kegiatan Forum Silaturahmi Mahasiswa Sejarah Peradaban Islam atau dikenal dengan sebutan FORSSPI. Kegiatan ini terlaksana pada hari Rabu tepatnya tanggal 4 September 2024. 


Kegiatan ini rutin dilaksanakan dengan tujuan yaitu mengenalkan kultur dan budaya akademik ditingkat jurusan kepada para Mahasiswa Baru. Harapannya, Mahasiswa Baru dapat beradaptasi dengan baik dengan lingkungan dan kehidupan barunya di dunia perkuliahan. Adapun FORSSPI tahun ini mengusung tema “Merungkai Sandiakala Baru Bagi Para Pengukir Waktu” yang di gagas oleh Muhammad Alif Fathurrahman. 

Kegiatan ini di hadiri oleh Ketua Jurusan Sejarah Peradaban Islam, SEMA FUA, DEMA FUA, Mahasiswa SPI dari semester tiga, lima, tujuh, bahkan alumni SPI. Hal ini tentunya merupakan momen yang berharga dalam menyambut keluarga baru dari Mahasiswa SPI tahun 2024.


Dalam rangkaian acaranya, kegiatan FORSSPI ini di buka oleh Ketua Jurusan SPI dan dilanjutkan simbolis penyematan kepada Mahasiswa Baru sebagai tanda bahwa mereka telah resmi menjadi Mahasiswa SPI. Selain itu, terdapat sesi talkshow bersama Ibu Aah Sya'faah, M.Ag. Dengan membahas topik mengenai pengenalan jurusan, dan sesi keduanya merupakan talkshow bersama alumni tahun 2010 yaitu Siti Nurhasanah, S.Hum selaku Founder dari Komunitas Anak Hebat. Beliau menyampaikan motivasi, nasihat, dan juga pengalamannya selama berkuliah di Jurusan Sejarah Peradaban Islam. Tidak hanya sampai disana, rangkaian FORSSPI juga dimeriahkan oleh penampilan dari bakat mahasiswa SPI yaitu Tari dan Wushu. Momen ini tentunya menjadi hal yang berharga khususnya untuk Mahasiswa Baru SPI tahun 2024.


Satu hal yang menjadi pesan penting dari kegiatan ini. Selain Mahasiswa Baru dapat mengenal kultur dan budaya jurusan SPI. Kedepannya semoga mereka juga dapat membawa dan mengharumkan nama baik jurusan Sejarah Peradaban Islam dan kampus baik tingkat nasional bahkan internasional. Hal ini tentu menjadi do’a bersama Jurusan SPI setiap tahunnya, bahwa setiap masanya diharapkan Mahasiswa Baru bisa mampu menjadi teladan, membawa manfaat untuk lingkungan sekitar, berprestasi baik dari bidang akademik maupun non-akademik. Sehingga jurusan SPI senantiasa bertambah maju untuk bertambah baik setiap tahunnya.


Penulis: Lisma Amelia

Editor: Fahim Syahru Sofar 

Lebih baru Lebih lama